Selasa, 01 November 2011

Sewa Mobil Murah

Sewa Mobil Murah di Surabaya

Masih Perlunya Perawatan Meskipun Murah

Bagi sebagian orang, mobil adalah alat transportasi penting yang masuk dalam kelompok kebutuhan sehari-hari. Sama seperti yang lain dalam kelompok itu, kebutuhan transportasi harus dibuat seefektif mungkin agar tidak menggangu stabilitas neraca keuangan rumah tangga. Kondisi ini menimbulkan berbagai macam bentuk sewa mobil murah untuk keperluan konsumen.

Penghematan bisa dimulai ketika memilih sewa mobil murah tersebut. Memilih penyewaan mobil murah bisa menghemat beberapa rupiah dibandingkan sewa mobil yang mahal dari model yang sama.

Kalaupun saat ini sudah memiliki mobil atau menyewa mobil, anda masih bisa melakukan penghematan dengan langkah-langkah sederhana yang sesuai akal sehat sebagai berikut (yg sepele tapi bermanfaat):

1. Jangan memanaskan mesin terlalu lama
Kebiasaan memanaskan mesin itu baik, tapi jangan terlalu lama. Karena bensin yang terbakar itu tidak membawa anda kemana-mana. Lagipula mobil lebih cepat panas ketika dikendarai. Apalagi teknologi mobil sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit. Jadi buat apa buang bensin dengan ritual pemanasan berlama-lama?
Sewa Mobil Murah

2. Perlakukan mobil secara lembut
Jalankan mobil dengan lembut dan halus. Bawalah mobil ke kecepatan ideal/jelajah dengan cepat tapi jangan kasar. Usahakan untuk stabil di kecepatan itu. Ini akan menghemat bensin. Hindari kebiasaan ngebut dan ngerem berulang-ulang meskipun mobil itu anda dapat dari sewa mobil murah lho ya…hehe..

3. Hati-hati dengan roof rack
Mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa menempatkan barang di roof rack akan menyebabkan bensin mejadi lebih boros. Kenyataannya terganggunya aliran udara akibat penempatan barang itu menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan ini berarti bensin lebih banyak. Bila dilengkapi AC, biasakan untuk menutup semua jendela, karena jendela yang terbuka akan mengganggu aliran udara dan menciptakan hambatan baru.

4. Pakai bahan bakar rekomendasi pabrik
Kalau mobil anda dirancang untuk memakai premium, ya beli premium. Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberi keuntungan yang signifikan. Hanya saja, hati-hati dengan premium bertimbal yang masih saja dijual Pertamina. Bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak di ruang bakar dalam jangka panjang.

5. Rawat teratur
Kebiasaan merawat mobil termasuk ganti oli secara reguler pada akhirnya akan menekan biaya operasional, karena mobil beroperasi dalam kondisi puncak dan jarang rusak. Mesin yang tidak di tune up menyerap bensin 10-20 persen lebih banyak dari yang rajin dirawat.

6. Tidak harus bengkel resmi
Dealer resmi tentu dilengkapi dengan peralatan modern dan berpengalaman memperbaiki mobil produksinya. Tapi bengkel resmi biasanya lebih mahal dari bengkel biasa. Jadi ada baiknya mencari bengkel biasa dengan mekanik berpengalaman dan profesional untuk melakukan perawatan rutin mobil anda. Sedangkan pada kasus-kasus tertentu yang tergolong sulit dan jarang terjadi, lebih baik manfaatkan bengkel resmi. Biasakan menyimpan catatan perawatan mobil setiap kali mobil masuk bengkel.

7. Periksa Ban Mobil. Seringkali pengendara pribadi atau penyewa mobil lalai memeriksa ban mobil. Padahal ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya, selain lebih cepat aus. Cek ban minimal sebulan sekali pada kondisi dingin.

8. Sabuk pengaman bukan hiasan
Manfaatkan sabuk pengaman, karena perangkat ini terbukti memberikan perlindungan optimal ketika terjadi benturan. Rata-rata pemilik mobil atau org yang mengendarai kendaraan dari sewa mobil murah memang sedikit meremehkan hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar